Saturday, March 17, 2012

Tips Sebelum Melakukan Perjalanan ( ke Luar Negeri)

Melakukan perjalanan ke luar negeri, tentunya memerlukan persiapan yang cukup matang dan terencana, supaya terhindar dari berbagai macam masalah.  Sebaiknya cari sebanyak mungkin informasi mengenai negara yang akan kita tuju.
Berikut beberapa tips yang bisa digunakan sebagai patokan, sebelum berangkat atau selama berada di luar negeri ( negara tujuan ):
  • Paspor dan Visa :  pastikan paspor kita tidak kadaluarsa, dan setidaknya 6 bulan sebelum masa berlaku paspor  berakhir. Untuk negara yang memerlukan visa, sebaiknya visa diproses jauh hari sebelum hari keberangkatan yang kita inginkan. Paspor ini penting untuk dibawa karena ini merupakan identitas kita selama di luar negeri. Sebaiknya kita membawa tas tangan kecil atau tas pinggang.
  • Dokumen yang lain :  untuk berjaga – jaga, sebaiknya kita juga membawa dokumen lain yang diperlukan, seperti surat undangan/invitation letter, bukti dimana kita akan tinggal di negara yang bersangkutan/negara yang kita tuju. Dokumen lain ini perlu kita bawa, karena terkadang pihak imigrasi menanyakan surat dokumen yang kita punya.
  • Kondisi negara yang dituju : Ini penting untuk diketahui supaya kita tahu pasti seperti apa negara yang ingin kita tuju. Apakah negara tersebut aman dalam arti tidak ada travel warning yang dikeluarkan oleh negara. Juga musim dan cuaca negara tersebut, ini berhubungan ini baju macam apa yang bisa kita bawa. Supaya kita bisa nyaman selama di negara yang bersangkutan ( tidak kedinginan atau kepanasan sesuai musim yang ada selama kita berkunjung ). Perlu dicek juga mata uang negara yang bersangkutan.
  • Bahasa :  ini sebenarnya tidak harus tapi bisa dijadikan bahan referensi. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib dipelajari oleh semua orang yang ingin bepergian ke luar negeri. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa international yang dipelajari di seluruh dunia.
  • Tempat Wisata  :  mencari info sebanyak mungkin tempat – tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk mempermudah kita dalam mengatur waktu dan jadwal berkunjung. Ini menyangkut juga bagaimana kita bisa mencapai tempat wisata yang ada, seperti kendaraan, biaya, jarak dan sebagainya.
  • Hotel atau Tempat menginap  :  hotel atau tempat menginap harus sesuai dengan dana/budget yang kita miliki, diusahakan untuk dekat dengan tempat – tempat wisata yang ingin kita kunjungi.
  • Isi Koper :  perlu diperhatikan juga barang yang ingin kita bawa. Beberapa negara melarang untuk membawa makanan atau daging masuk ke negaranya. Jadi harus mencari info barang – barang apa saja yang dilarang untuk dibawa. Tidak perlu membawa barang yang berlebih, sesuaikan dengan keperluan kita selama di negara tersebut. Untuk memudahkan kita mengenali koper kita sebaiknya kita kasih tanda pada koper kita ( seperti pita atau kain ), juga supaya tidak tertukar dengan koper orang lain. Bila perlu kasih tanda dengan mencantumkan identitas kita, seperti nama, negara, nomor telp. dan alamat email kita. Ini untuk berjaga – jaga kalau misalnya koper kita tidak bisa kita temukan atau tertukar.
  • Obat – obatan yang perlu dibawa  :  untuk obat – obat ringan sebaiknya kita perlu membawanya, tidak perlu membawa berlebihan. Seperti obat flu, sakit kepala atau sakit maag.
  • Berhati – hati  :  dimanapun kita berada, apalagi di negara lain, hendaknya selalu berhati – hati dan waspada, supaya tidak ada masalah di negara asing.
Dengan adanya persiapan sebelum kita melakukan perjalanan ke luar negeri, diharapkan meminimalkan masalah yang mungkin kita temui di negara yang hendak kita tuju. Dan kita bisa menikmati perjalanan sesuai dengan harapan dan pulang kembali ke Indonesia dengan selamat dan aman.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Dhgg Stumbleupon Favorites More